Desa Wisata Pulau Lemukutan

07 October 2019 13:21:33
Desa Wisata Pulau Lemukutan

DESA WISATA PULAU LEMUKUTAN

KECAMATAN SUNGAI RAYA KEPULAUAN

 Pulau Lemukutan dengan luas 1.453 Ha adalah pulau yang berpenduduk nelayan tradisional dan merupakan sentral Pemerintahan Desa Pulau Lemukutan. Secara kewilayahan Desa Pulau Lemukutan terdiri atas Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan,  saat ini Desa Pulau Lemukutan telah berkembang menjadi Desa wisata. Dengan karakter pulau berkarang dan berpasir landai Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan merupakan destinasi Diving (Wisata Selam Bawah Laut) dan Snorkley (Wisata Selam Kawasan Dangkal) yang menarik di wilayah Kalimantan Barat bagian Utara, disamping atraksi tersebut, wisata pemancingan dengan ikan-ikan monster karang serta  kehidupan sosial masyarakat nelayan di Pulau Lemukutan juga bagian dari atraksi wisata di Desa Pulau Lemukutan.

Desa Pulau Lemukutan merupakan bagian dari kawasan konservasi laut di Kalimantan Barat, perlindungan kawasan ini menjaga lestarinya ekosistem dan lingkungan. Kawasan konservasi laut menjaga fauna dan flora yang ada seperti, Perlintasan ikan paus bungkuk; Ikan Lumba-Lumba; Kerang Purba KIMA; berbagai Karang laut yang indah; Penyu Hijau; dan lain-lain.

Desa Pulau Lemukutan dengan jumlah penduduk ± 1.443 jiwa dapat dijangkau dengan melalui jalur darat dari Kota Pontianak – Kecamatan Sungai Raya Kepulauan 2,5 Jam, kemudian dilanjutkan perjalanan Transportasi Laut dengan jarak 28 km atau 1-2 jam waktu tempuh.

Masyarakat Desa Wisata Pulau Lemukutan beraktivitas sebagai Nelayan, Perkebunan Pala, Pedagang, Jasa Wisata dan Jasa lainnya, fasilitas pendukung kepariwisataan di Desa Pulau Lemukutan antara lain tersedianya Pelabuhan Laut, 35 buah Vila wisata milik masyarakat, Pos Kesehatan Pembantu, moda transportasi laut, dan lain-lain.