Desa Wisata Karimunting

08 October 2019 00:20:56
Desa Wisata Karimunting

Desa Wisata Karimunting

Kecamatan Sungai Raya Kepulauan

 

Desa Karimunting adalah salah satu dari 122 (seratus dua puluh dua) desa yang ada di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, desa ini terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Kecamatan pesisir  ini memiliki 5 buah desa , salah satunya adalah Desa Karimunting, desa yang terdiri atas 5 dusun ini memiliki luas wilayah 19.450 km2, dengan Jumlah Penduduk 9.511 Jiwa, terdiri atas Dusun Tanjung Gundul, Dusun Teluk Suak, Dusun Teratai, Dusun Kembang Sari, dan Dusun Sungai Soga, kelima dusun di Desa Karimunting ini merupakan kawasan yang membentang di pesisir pantai Utara Kalimantan Barat. Desa Karimunting telah ditetapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang sebagai salah satu Desa Wisata dengan Peraturan Bupati Nomor 59 Tahun 2016 tentang Desa Wisata di Kabupaten Bengkayang, desa ini berbatasan dengan Kota Singkawang, Laut Natuna, Kecamatan Capkala dan Desa Sungai Raya. Aksesbilitas dari Bandara Internasional Supadio Pontianak menuju Desa Karimunting dengan jarak 153 km. Wilayah Desa Karimunting sebagian besar merupakan kawasan pantai, laut dan pulau, bentang pantai Desa Karimunting ± 40 Km, dengan pulau eksotik tempat persinggahan para nelayan penangkap ikan.

Desa yang terletak di jalan poros Provinsi Kalimantan Barat – Singkawang – Sambas ini memiliki berbagai sumber daya pariwisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya, alam, hutan mangrove, underwater, pemancingan, penelitian biota laut, wildlifephotography, jelajah pulau, Vila, hostel, hotel, wisata wahana buatan dan kuliner khas masyarakat pesisir.

Komunitas masyarakat Desa Karimunting terdiri dari etnik Melayu, Bugis, Dayak  dan Chines, heterogenitas etnik di Desa Karimunting menyuguhkan kebudayaan melayu dengan seni tradisional Zepin, tarian mendu, kebudayaan Cap Go Meh dan tradisi tangkap bebek di hari Bacang etnik Tionghoa,   tradisi nelayan Bugis di Pulau Kabung dalam memancing ikan di laut, dan lain sebagainya.

Kawasan pantai yang membentang ± 40 km di sepanjang Desa Karimunting menjadikan Desa ini sebagai spot wisata pantai yang digemari oleh wisatawan, hal ini didukung akses yang sangat dekat dengan jalan poros Provinsi Kalimantan Barat, sehigga infrastruktur jalan yang tersedia sudah sangat baik.  Beberapa pantai sebagai Objek Daya Tarik Wisata di Desa Karimunting antara lain Pantai Kahyangan, Pantai Samudera Indah, Pantai Kura-Kura, Pantai Cemara, Pantai Batu Payung, dan Pantai Tanjung Kiai, keberadaan pantai di Desa Karimunting secara umum telah dikelola baik oleh swasta maupun kelompok sadar wisata.

Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan yang terletak di pesisir pantai merupakan kawasan rentan terhadap ancaman abrasi air laut, untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah bersama masyarakat telah mencanangkan pelestarian dan penanaman Mangrove di sepanjang pantai untuk menjaga abrasi dan ekosistem pantai. Pelestarian hutan mangrove di pesisir  telah menjadi daya tarik wisata  di Desa Karimunting, dengan berkembangnya hutan mangrove maka tumbuh ekosistem pantai dan jenis fauna seperti burung laut, kepitig bakau, kerang, ikan dan lain-lain.

Snorkling menyaksikan ikan nemo bermain diantara terumbu karang, kerang kima yang langka, merupakan bagian wisata bawah laut Pulau Kabung Desa Karimunting. Pulau Kabung dapat ditempuh ± 40 menit perjalanan laut dari dermaga Tanjung Gundul, pulau yang dahulu hanya sebagai persinggahan bagi para nelayan dalam menangkap ikan, kini telah berkembang menjadi daya tarik wisata. Di Pulau  Kabung terdapat beberapa homestay yang disewakan kepada wisatawan, di pulau ini juga terdapat banyak Bagan Tangkap ikan yang menjadi spot pemancingan bagi para penggemar wisata memancing. Pelabuhan permanen juga telah dibangun di Pulau Kabung, fasilitas listrik tenaga surya serta infrastruktur jalan sebagai penunjang kepariwisataan di Pulau Kabung. 

Keberadaan ekosistem karang di Pulau Kabung dan terkadang sebagai persinggahan setiap tahun migrasi burung dapat menjadi spot wisata penelitian dan wildlifephotography, kondisi Pulau Kabung saat ini dikelola oleh kelompok sadar wisata  yang keberadaannya dibawah Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Pengelolaan kepariwisataan di Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan juga telah didukung oleh sektor swasta sebagai pengembang kepariwisataan, beberapa Hotel berbasis wisata bahari cukup dikenal antara lain Hotel Kahyangan Resort, Hotel Mimiland, Vila Pantai Samudera Indah dan Homestay Pulau Kabung. Aspek penunjang lainnya ketersediaan pelabuhan penunjang kepariwisataan di Teluk Suak dan Pelabuhan Tanjung Gundul.

Desa Karimunting memiliki beberapa Objek Daya Tarik Wisata, kreativitas dan inovasi masing-masing Objek Daya Tarik Wisata dalam mengembangkan daya tarik melalui even maupun exploitasi keunikan lokal terkadang mampu meningkatkan jumlah kunjungan pada setiap Objek Daya Tarik Wisata. Salah satu keunikan lokal adalah even menangkap itik oleh masyarakat di laut pada momen Hari Bacang (Peh Cun) pada hari 5 bulan 5 kalender Lumar China, yang dirayakan etnik Tionghoa di Pantai Cemara Batu Payung Desa Karimunting. Ribuan wisatawan memadati  Pantai Cemara Batu Payung Desa Karimunting ketika momentum tersebut tiba, disamping menikmati wisata bahari dan kuliner, tak jarang wisatawan terpingkal-pingkal tertawa ketika menyaksikan para peserta berlomba berenang mengejar itik yang dilepas dilaut oleh Kelompok sadar wisata  Laut Biru selaku pengelola Pantai Cemara Batu Payung Desa Karimunting.

Dengan berkembangnya teknologi internet saat ini, serta tumbuhnya fungsi Smartphone, maka sistem informasi menuju objek wisata di Desa Karimunting relatif sangat mudah, hanya dengan menggunakan software google maps wisatawan dapat memperoleh informasi tentang Objek Daya Tarik Wisata di Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Memperhatikan bahwa pengunjung/wisatawan merupakan output yang ingin dicapai dalam pengelolaa destinasi di Desa Wisata Karimunting, maka sistem manajemen pengunjung dikelola bersama dengan beberapa penggiat wisata atau pengusaha travel di tingkat kabupaten, Provinsi maupun nasional. Manajemen pengunjung dimulai dari peningkatan mutu atraksi wisata, teknik pemasaran yang menarik, kepuasan yang diberikan pada setiap pengunjung di Desa Wisata Karimunting.

Pengembangan kepariwisataan di Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan pada hakekatnya berbasis masyarakat, hal ini dilakukan dengan membentuk kelompok sadar wisata  pada setiap Objek Daya Tarik Wisata. Pelibatan masyarakat dalam pengelolaan dan mengurus destinasi di Desa Karimunting maka partisipasi dan pemahaman masyarakat sangat baik dan mendukung pengembangan Desa Wisata Karimunting.

Dengan konsep pengembangan kepariwisataan berbasis masyarakat, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang kerap melakukan pembinaan pada Kelompok sadar wisata  di Desa Karimunting. Sosialisasi SAPTA PESONA yang menekankan pada pentingnya rasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan sangat mendukung perilaku masyarakat Desa Karimunting dalam turut menciptakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi wisatawan.

Untuk mengembangkan pariwisata di Desa Karimunting, telah dilakukan kerjasama dengan beberapa sektor swasta, seperti kerjasama dengan usaha kuliner dan handcraf, kerjasama dengan usaha hotel dan penginapan, kerjasama dengan usaha transportasi darat dan laut, kerjasama dengan usaha traveling di Kalimantan Barat.

Dengan konsep pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan Objek Daya Tarik Wisata di Desa Karimunting melalui pembentukan kelompok sadar wisata  sebagai pengelola destinasi, maka semua pekerja yang dilibatkan dalam pengelolaan tersebut adalah masyarakat lokal, dengan demikian maka penyerapan tenaga kerja dari pengelolaan sektor kepariwisataan di Desa Karimunting sangat optimal.